OSN Informatika 2017 - Hari 1

Back to OSN Informatika 2017

Cara Bermain Permainan Daratan dan Es / How to Play Lands and Glaciers

Terdapat 4 buah halaman dengan penjelasan sebagai berikut:

  • Testcase 1: permainan interaktif untuk subsoal 1
  • Testcase 2: permainan interaktif untuk subsoal 2
  • Custom Testcase: permainan interaktif dengan masukan dunia yang dapat dikustomisasi oleh peserta
  • Generate Code: mendapatkan kode sumber yang dapat disalin dan dikumpulkan untuk mendapatkan nilai pada subsoal 1 dan 2

Permainan interaktif dapat dimainkan sebagai berikut:

  • Pada awalnya, semua petak merupakan petak daratan yang dinyatakan dengan petak berwarna putih.
  • Angka pada sebuah petak menyatakan nilai dari petak tersebut.
  • Peserta dapat mengganti jenis suatu petak (dari daratan menjadi es atau sebaliknya) dengan menekan petak yang diinginkan.
  • Bulatan berwarna pink menunjukkan posisi awal pemain (petak daratan dengan nilai 1).
  • Lingkaran bulat berwarna hitam menunjukkan posisi pemain saat ini.
  • Bagian kanan merupakan interaksi yang telah dilakukan oleh peserta.
  • Peserta dapat memindahkan posisi awal pemain dengan menggeser bulatan berwarna pink ke posisi yang diinginkan.
  • Peserta dapat menggerakkan pemain dengan menekan tombol panah.
  • Gerakan pemain akan dicatat dengan garis berwarna hitam.
  • Setiap perubahan jenis suatu petak yang dilakukan oleh peserta, pergerakan pemain akan dihitung ulang dari awal.
  • Dua atau lebih buah bilangan pada sebuah petak menandakan terdapat kontradiksi pada konfigurasi dunia tersebut.
  • Peserta dapat menjawab dengan menekan tombol ANSWER. Jawaban tersebut merupakan salinan dari petak-petak hasil pergerakan pemain.
  • Peserta dapat mengulang permainan dengan menekan tombol RESET.

There are 4 tabs with the following explanation:

  • Testcase 1: interactive game for subtask 1
  • Testcase 2: interactive game for subtask 2
  • Custom Testcase: interactive game with customizable world that can be specified by contestants
  • Generate Code: generate the code which can be copied and submitted to get points for subtasks 1 and 2

The interactive game can be played as follows:

  • Initially, all cells are land cells, which are denoted by the color white.
  • The number on a cell denotes the value of that (land) cell.
  • Contestants can change the type of a cell (from land to glacier, vice-versa) by clicking on that cell.
  • The pink circle denotes the initial position of the character (land cell with value of 1).
  • The black circle denotes the current position of the character.
  • The right side denotes the interaction done by contestant.
  • Contestants can move the initial position by dragging the pink circle to the desired cell.
  • Contestants can move the character by clicking on the arrow buttons.
  • The movement of the character will be traced by black lines.
  • For each change of a cell type by the contestant, the grid will be recomputed from the beginning.
  • Two or more numbers on a cell denotes a contradiction in the configuration of the world.
  • Contestants can answer by clicking the ANSWER button. The answer is a copy of the grid generated by the character's movements.
  • Contestants can replay the game by clicking the RESET button.

Label Game Daratan dan Es / Lands and Glaciers' Game Labels

Terdapat kesalahan label pada game Daratan dan Es. Seharusnya label Open Testcase 1 adalah .1.34.67, dan label Open Testcase 2 adalah ..2...67 .


There was some mistake with the labels on Lands and Glaciers' game. The label for Open Testcase 1 should be .1.34.67, and the label for Open Testcase 2 should be ..2...67 .

Showing 1 - 3 out of 3 data.